Ngeri, Leher Bocah di Buton Ditembus Ikan Marlin

Bocah berusia 12 tahun tertancap ikan marlin di lehernya saat sedang memancing pada Sabtu (18/1/20). Ikan ini baru bisa dilepas dari lehernya pada Senin (20/1). Berikut adalah kisah selengkapnya.

Ngeri, Leher Bocah di Buton Ditembus Ikan Marlin
Ilustrasi ikan marlin. (Nakun.us)

Inibaru.id – Belakangan ini di media sosial tengah viral foto yang menunjukkan leher seorang bocah dari Buton Selatan, Sulawesi Tenggara yang terluka akibat ditembus ikan marlin. Seperti apa sih kisah selengkapnya?

Medcom, Senin (20/1/20) menulis, dalam foto-foto tersebut, terlihat jelas ikan marlin atau ikan sori dengan moncong yang tajam menancap pada leher sang bocah.

Foto-foto ini awalnya diunggah oleh akun Facebook bernama Iwankoi. Dia mengunggah tiga foto yang menunjukkan kondisi leher sang bocah. Akun tersebut menyebut ikan ini sebagai ikan terbang. Sang bocah pun dilarikan ke RS Wahidin Sudirohusodo, Makassar, Sulawesi Selatan. Di rumah sakit tersebut, sang bocah menjalani operasi pencabutan moncong ikan pada Senin (20/1). Usaha keras para dokter pun berhasil.

“Beruntung dokter berhasil mengeluarkan moncong ikan ini dan pasien selamat dari operasi. Terima kasih team dokter2 terbaik di RS Wahidin. Salah satunya sahabat saya dokter Rusmin Syukur. Ini juga tentu menjadi pelajaran bagi teman-teman yang suka mancing harap hati2 dan utamakan keselamatan,” tulis keterangan dari foto tersebut.

Sang bocah malang tersebut adalah Muhammad Idul (12) asal Buton Selatan. Dia mengalami kejadian nahas ini pada Sabtu (18/1) malam saat sedang memancing di atas perahu di perairan Pulau Siompu, Buton Selatan.

Idul langsung dilarikan ke RS Siloam Baubau dengan menggunakan perahu motor, namun karena peralatan yang kurang memadai, pada Minggu (19/1) malam Idul dirujuk ke RS Wahidin Sudirohusodo, Makassar. Selama itu pula, ikan marlin masih menancap di lehernya.

Pada Senin (20/1) pagi, operasi untuk mencabut moncong ikan dari leher Idul dilakukan. Beruntung, moncong ini tidak menancap di pembuluh darah besar yang ada di leher sehingga nggak menyebabkan dampak berbahaya. Kini, Idul masih menjalani perawatan intensif agar bisa segera pulih.

“Operasi tadi melibatkan dua dokter spesialis bedah, tiga dokter spesialis anestesi, operasi pembedahan berlangsung lancar, moncong ikan dapat dilepaskan,” ucap salah satu dokter di RS Wahidin Sudirohusodo, dr. Syafri Kamsul Arif.

Selalu berhati-hati saat memancing agar nggak terkena kecelakaan mengerikan seperti yang dialami Idul, ya Millens! (IB09/E06)

Baca juga: Bertamu ke Rumah Kuno Belanda, Disuguhi Beragam Cerita